Saturday 23 February 2013

PEDOMAN WAWANCARA


PEDOMAN WAWANCARA


A.    Tujuan Wawancara
Wawancara ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang
1)      Bagaimana sejarah berdirinya Museum Subak Mandala Mathika di Tabanan?
2)      Benda-benda apa saja yang di pajangkan di dalam Museum Subak Mandala Mathika di Tabanan?
3)      Bagaimana fungsi dari museum subak mandala mathika sebagai pengembangan literasi kebudayaan agraris?

B. Informan
Adapun subjek yang dijadikan sebagai informan dalam wawancara ini adalah,
1)      Kepala UPTD Museum Subak Mandala Mathika Tabanan.
2)      Para staf dan pegawai museum Subak Mandala Mathika Tabanan.
3)      Wisatawan atau pengunjung museum Subak Mandala Mathika Tabanan.

C. Kerangka wawancara.
Kisi – kisi wawancara yang akan ditanyakan kepada informan meliputi :
  1. Kerangka wawancara dengan kepala UPTD Museum Subak Tabanan
1)      Bagaimana sejarah berdirinya museum subak tabanan?
2)      Siapa pencetus ide untuk mendirikan museum subak di tabanan?
3)      Siapa saja tokoh yang berperan dalam mendirikan museum subak yang ada di Tabanan?
4)      Kenapa Kabupaten Tabanan dipilih sebagai tempat untuk mendirikn museum subak?
5)      Jenis peralatan apa saja yang disimpan didalam ruang pameran museum subak?
6)      Bagaimanan tingkat kunjungan wisatawan lokal maupun mancaneraga di museum subak?
7)      Apakah di antara wisatawan yang berkunjung ke museum subak ada dari lembaga sekolah atau pendidikan?
8)      Berapa jumlah pegawai yang ada di museum subak?
9)      Bagaimana perannan museum subak di dalam mengembangkan kebudayaan agraris?

  1. Kerangka wawancara dengan staf dan pegawai museum subak Tabanan
1)      Jenis koleksi apa saja yang ada di dalam museum subak?
2)      Bagaimanan keadaan koleksi yang ada di museum subak?
3)      Dari mana saja asal koleksi yang ada di museum subak?
4)      Kegiatan apa saja yang pernah di lakukan di lingkungan museum subak?
5)      Apakah di dalam menjaga koleksi para pegawai di museum subak ini di bagi atau memang ada petugas khusus yang ditugaskan untuk menjaga di ruangan pameran?

  1. Kerangka wawancara dengan salah satu pengunjung
1)      Bagaimana kesan anda setelah berkunjung ke museum subak Tabanan?
2)      Menurut anda apakah museum subak yang ada di Tabanan ini dapat dijadikan sebagai media atau literasi pengembangan kebudayaan agraris?

  1. Kerangka wanwancara dengan guru di SMA Negeri 1 Kediri
1)      Apakah disekolah bapak pernah memberikan tugas kepada siswa untuk melakukan penelitian kecil/observasi ke museum subak?
2)      Apa tujuan diberikannya tugas melakukan observasi ini?
3)      Bagaimana tanggapan siswa terhadap tugas yang diberikan oleh bapak untuk melakukan observasi?
4)      Apakah ada kendala yang dihadapi di dalam memberikan tugas observasi ini?
5)      Menurut bapak apakah museum subak yang ada di Tabanan dapat di jadikan sebagai media/sumber di dalam pengembangan literasi kebudayan agraris?

  1. Kerangka wawancara dengan salah satu siswa yang diberikan tugas untuk melakukan observasi
1)      Apakah anda pernah diberikan tugas untuk melakukan observasi ke museum subak?
2)      Guru bidang studi apa saja yang sudah pernah memberikan tugas untuk melakukan observasi ke museum subak?
3)      Bagaimana tanggapan anda tentang tugas yang diberikan oleh guru bidang studi bersangkutan mengenai tugas observasi tersebut?
4)      Setelah melakukan observasi apakah guru memberikan kamu tugas untuk membuat laporan?












No comments:

Post a Comment