PEDOMAN WAWANCARA
A.
Tujuan Wawancara
Wawancara ini dilakukan untuk memperoleh informasi
tentang
1) Bagaimana sejarah berdirinya Museum Subak Mandala Mathika di Tabanan?
2) Benda-benda apa saja yang di pajangkan di
dalam Museum Subak Mandala Mathika di
Tabanan?
3) Bagaimana fungsi dari museum subak mandala mathika sebagai
pengembangan literasi kebudayaan agraris?
B.
Informan
Adapun
subjek yang dijadikan sebagai informan dalam wawancara ini adalah,
1) Kepala UPTD Museum Subak Mandala Mathika Tabanan.
2)
Para staf dan pegawai museum Subak Mandala Mathika Tabanan.
3)
Wisatawan atau pengunjung
museum Subak Mandala Mathika Tabanan.
C. Kerangka wawancara.
Kisi – kisi wawancara yang akan ditanyakan
kepada informan meliputi :
- Kerangka wawancara dengan kepala UPTD
Museum Subak Tabanan
1) Bagaimana sejarah berdirinya museum subak
tabanan?
2) Siapa pencetus ide untuk mendirikan museum
subak di tabanan?
3) Siapa saja tokoh yang berperan dalam
mendirikan museum subak yang ada di Tabanan?
4) Kenapa Kabupaten Tabanan dipilih sebagai
tempat untuk mendirikn museum subak?
5) Jenis peralatan apa saja yang disimpan
didalam ruang pameran museum subak?
6) Bagaimanan tingkat kunjungan wisatawan
lokal maupun mancaneraga di museum subak?
7) Apakah di antara wisatawan yang berkunjung
ke museum subak ada dari lembaga
sekolah atau pendidikan?
8) Berapa jumlah pegawai yang ada di museum
subak?
9) Bagaimana perannan museum subak di dalam
mengembangkan kebudayaan agraris?
- Kerangka wawancara dengan staf dan pegawai museum subak Tabanan
1) Jenis koleksi apa saja yang ada di dalam
museum subak?
2) Bagaimanan keadaan koleksi yang ada di
museum subak?
3) Dari mana saja asal koleksi yang ada di
museum subak?
4) Kegiatan apa saja yang pernah di lakukan
di lingkungan museum subak?
5) Apakah di dalam menjaga koleksi para
pegawai di museum subak ini di bagi atau
memang ada petugas khusus yang ditugaskan untuk menjaga di ruangan pameran?
- Kerangka wawancara dengan salah satu
pengunjung
1)
Bagaimana kesan anda setelah berkunjung ke museum subak Tabanan?
2)
Menurut anda apakah museum subak yang ada di Tabanan ini dapat dijadikan sebagai media atau
literasi pengembangan kebudayaan agraris?
- Kerangka wanwancara dengan guru di
SMA Negeri 1 Kediri
1)
Apakah disekolah bapak pernah memberikan tugas
kepada siswa untuk melakukan penelitian kecil/observasi ke museum subak?
2)
Apa tujuan diberikannya tugas melakukan observasi
ini?
3)
Bagaimana tanggapan siswa terhadap tugas yang
diberikan oleh bapak untuk melakukan observasi?
4)
Apakah ada kendala yang dihadapi di dalam memberikan
tugas observasi ini?
5)
Menurut bapak apakah museum subak yang ada di Tabanan dapat di jadikan sebagai media/sumber di
dalam pengembangan literasi kebudayan agraris?
- Kerangka wawancara dengan salah satu
siswa yang diberikan tugas untuk melakukan observasi
1) Apakah anda pernah diberikan tugas untuk
melakukan observasi ke museum subak?
2) Guru bidang studi apa saja yang sudah
pernah memberikan tugas untuk melakukan observasi ke museum subak?
3) Bagaimana tanggapan anda tentang tugas
yang diberikan oleh guru bidang studi bersangkutan mengenai tugas observasi
tersebut?
4) Setelah melakukan observasi apakah guru
memberikan kamu tugas untuk membuat laporan?
No comments:
Post a Comment