Untuk artikel lengkap beserta gambarnya, silahkan komen, nanti saya beri link downloadnya.
MENGOPERASIKAN SOFTWARE E-MAIL CLIENT
1.1.
PENGERTIAN E-MAIL
E·mail adalah fasilitas
intemet yang digunakan untuk mengirim surat elektronik. Pengiriman surat secara
elektronik ini sering disebut dengan Electronic Mail atau yang terkenal dengan
istilah e-mail. Aplikasi di intemet untuk mengakses e-mail dapat berupa
aplikasi tersendiri seperti Eudora, Intemet mail, Pine, atau menggunakan
fasilltas Web mail.
Web mail adalah fasilitas untuk
mengakses e-mail dengan menggunakan browser. E-mail dapat dikirimkan ke setiap
orang satu per satu atau pengiriman secara kelompok. Dalam pengiriman secara
kelompok, setiap sekali mengirim maka seluruh anggota dalam kelompok tersebut
akan terkirim. Istilah ini sering disebut Mailing List atau milis. Microsoft
Office telah melengkapi fasilitas e-mail ini dengan Microsoft Outlook dan
Outlook Express. Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mengirim dan menerima
e-mail secara Iangsung. Sejumlah perusahaan jasa layanan intemet menyediakan
fasilitas e-mail secara terintegrasi maupun terpisah. Yahoo menyediakan
fasilltas e-mail secara terintegrasi dengan layanan interet Iainnya, bahkan
Yahoo menyediakan pendaftaran e-mail gratis kepada seluruh pengguna internet di
seluruh dunia.
1
KATA
PENGANTAR
Pemanfaatan komputer sebagai sebuah sarana pengembangan pendidikan saat
ini, sudah menjadi kebutuhan utama. Hal ini didasarkan kepada beberapa faktor
utama, yaitu : perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di era globalisasi,
di mana perkembangan teknologi merupakan urat nadi utama kehidupan, yang
membawa perubahan besar terhadap tatanan dan cara hidup manusia. Setiap jenis
pekerjaan di tuntut untuk dapat dikerjakan dengan cara yang cepat dan setepat
mungkin. Dunia industri sebagai garda terdepan pembangunan ekonomi mau tidak
mau harus memanfaatkan perkembangan teknologi ini, sebab dengan memanfaatkan
teknologi yang optimal, maka akan tercapai efesiensi kerja, meningkatkan
ketelitian dalam suatu pekerjaan. Namun ada masyarakat tertentu yang belum
mampu mengikuti perubahan ini. Mereka terancam tertindas oleh perubahan jaman sehingga nantinya akan
menjadipenonton di lapangan sendiri dan menjadi tamu di rumah sendiri. Program
keahlian ini mencoba untuk mencegah hal itu terjadi, utamanya dalam bidang
komputerisasi dan pendidikan.
Penulis menyadari bahwa tugas ini jauh dari sempurna karena
terbatasnya kemampuan penulis, oleh karena itu tegur sapa yang bersifat
membangun sangat penulis harapkan. Demikian juga penulis berharap dan berdoa
semoga budi baik beliau mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha
Esa. Dan mudah-mudahan materi yang penulis sajikan ini ada manfaatnya bagi
perkembangan pendidikan selanjutnya serta tidak lupa pula penulis mohon maaf
yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan atau kekurangan yang mungkin
terjadi selama penyusunan materi ini.
i
1.2 E-MAIL CLIENT
Aplikasi email client : outlook Expres,
Eudora, dan sebagainya.
E-Mail
client adalah software yang digunakan untuk mengirim dan menerima e-mail
melalui komputer Anda tanpa browser. Cukup dengan menjalankan software e-mail
client secara otomatis e-mail akan terdownload ke komputer Anda. Saat Anda tidak terkoneksi dengan internet, Anda dapat membaca
e-mail – e-mail yang telah di download tersebut.
Beberapa pilihan software e-mail client
:
v Outlook Express
Review : software ini secara otomatis terinstall pada Windows XP pada full install. Penggunaannya praktis, hanya saja tidak memiliki fitur perlindungan SPAM yang efektif.
Review : software ini secara otomatis terinstall pada Windows XP pada full install. Penggunaannya praktis, hanya saja tidak memiliki fitur perlindungan SPAM yang efektif.
v Microsoft Outlook
Review : software yang masuk dalam Microsoft Office ini kaya fitur, diantaranya sudah terintegrasi dengan calendar, todo list, dan memiliki mekanisme perlindungan SPAM yang baik.
Review : software yang masuk dalam Microsoft Office ini kaya fitur, diantaranya sudah terintegrasi dengan calendar, todo list, dan memiliki mekanisme perlindungan SPAM yang baik.
v Thunderbird
Review : software free ini dikembangkan oleh Mozilla dengan dilengkapi fitur perlindungan SPAM yang sangat fleksibel karena dapat kita konfigurasikan secara detail. Selain itu software ini juga dilengkapi dengan e-mail tagging yang cara kerjanya mirip dengan label pada Gmail. Sayangnya software ini tidak memiliki integrasi langsung dengan calendar meskipun tersedia add-on untuk calendar. Thunderbird dapat di download gratis disini.
Review : software free ini dikembangkan oleh Mozilla dengan dilengkapi fitur perlindungan SPAM yang sangat fleksibel karena dapat kita konfigurasikan secara detail. Selain itu software ini juga dilengkapi dengan e-mail tagging yang cara kerjanya mirip dengan label pada Gmail. Sayangnya software ini tidak memiliki integrasi langsung dengan calendar meskipun tersedia add-on untuk calendar. Thunderbird dapat di download gratis disini.
2
v Mail pada Mac OS X
Review : kerap disebut Apple Mail, secara default software Mail ini sudah terinstall pada Mac OS X. Sebagai software mail client default pada Mac OS X, software ini memiliki mekanisme perlindungan SPAM yang cukup baik.
Review : kerap disebut Apple Mail, secara default software Mail ini sudah terinstall pada Mac OS X. Sebagai software mail client default pada Mac OS X, software ini memiliki mekanisme perlindungan SPAM yang cukup baik.
v
Windows Mail
Review : Windows Mail adalah pengganti Outlook Express pada Windows Vista. Sebagai versi baru dari Outlook Express, Windows Mail kaya dengan fitur – fitur baru. Di antaranya adalah perlindungan terhadap SPAM yang lebih baik dan integrasi dengan Calendar yang sudah termasuk di dalamnya.
Review : Windows Mail adalah pengganti Outlook Express pada Windows Vista. Sebagai versi baru dari Outlook Express, Windows Mail kaya dengan fitur – fitur baru. Di antaranya adalah perlindungan terhadap SPAM yang lebih baik dan integrasi dengan Calendar yang sudah termasuk di dalamnya.
3
1.3
PENGENALAN OUTLOOK
Ms Outlook
adalah sebuah aplikasi pengelolaan klien email dan workgroup yang dikeluarkan
oleh Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar pimpinan
Bill Gates. Aplikasi.
Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office,sehingga
untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office. Selain untuk pengelolaan email, Outlook juga mempunyai
beberapa fasilitas lain seperti pengelolaan kalender kerja,
meeting , jadwal tugas dan lain-lain. Sebelum
menggunakan Outlook ada baiknya terlebih dahulu kita
mengenal menu-menu utama dari
Outlook itu sendiri.
Bagian-bagian dari Outlook sebagai Software
Email Client
4
a.
Folder List
Folder List menampilkan semua folder yang ada, seperti Inbox
, Personal Folders ,dan Public folders.
b.
Toolbar
Toolbar berisi shortcuts dari perintah yang umum digunakan, seperti “
New Mail Message ", “ Print ", dan“ Print Preview
". Toolbar dapat diubah sesuai dengan keperluan atau keinginan kita.
Status Bar
menunjukkan banyaknya pesan yang ada pada folder yang ditunjuk, dan berapa banyak pesanyang belum dibaca jika ada.
menunjukkan banyaknya pesan yang ada pada folder yang ditunjuk, dan berapa banyak pesanyang belum dibaca jika ada.
c.
Outlook Bar
Sama seperti Folder List, Outlook Bar berisi shortcuts untuk fasilitas
yang ada pada Microsoft Outlook, seperti Calendar , Contacts , and Tasks.
5
1.4 OUTLOOK UNTUK PENGELOLAAN EMAIL
1.4.1 Membaca Email
Untuk membaca email
pastikan Outlook berada pada folder “ Inbox”
, cukup dobel klik pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada
jendela baru. Untukmengetahui adanya pesan baru , pada windows toolbar ( sudut kiri monitor )
akandiberi tanda amplop yang diiringi dengan
suara “ding” sebagai bunyi default untukemail yang tiba pada
Outlook.
1.4.2
Membaca File
Attachment Jika
Anda menerima pesan berisi file lampiran
( attachment ), di folder Inbox padaOutlook akan
di beri tanda paperclip disebelahnya. Untuk membuka file
attachment lakukan langkah berikut :
1. Buka pesan/ mail
message .
2. Akan ada icon
dengan nama file di body text.
3. Dobel klik icon file. File
attachment
akan terbuka sesuai dengan programaplikasinya. Anda
bisa menyimpannya atau menutup saja filenya.
6
Cara menyimpan file attachment :
1. Sorot file
attachment.
2. Klik menu File –
kemudian Save attachment .
3. Pilih folder
tempat menyimpan file yang diinginkan.
1.4.3
Membuat
Sub Folder pada Inbox.
Apabila kita ingin mengelompokkan email dan
menempatkannya pada folder tertentuhal ini dapat dilakukan dengan membuat
folder baru di dalam folder Inbox.Lakukan langkah berikut :
1.
Pada folder Inbox klik File
2. Pilih New –
pilih Folder
3. Ketik nama folder
pada kolom yang tersedia
7
1.4.4
Menggunakan “
Message Rule”
Message Rule berguna untuk mengatur email agar dapat
diterima sesuai dengan aturan yang diinginkan. Juga berguna untuk
mengelompokkan email pada , folder yg
di inginkan maupun untuk memblok email yang tidak kita inginkan
( iklan, spam ,pornografi, dan sebagainya).
Untuk mensetting Message Rule lakukan langkah berikut
:
1. Pada
folder Inbox klik menu Tools
2. Klik “
Rules Wizard ” ( Akan muncul menu untuk “ rules wizard ”)
3. Klik tombol New
4. Pilih aturan sesuai
keinginan (contoh “ check message when they arrive ” ) , akan
memeriksaemail begitu tiba.
5.Klik Next
6. Pilih lagi
sesuai aturan yang diinginkan ( contoh “ with specific word in thesender’s
address” ), akan memeriksa kata-kata khusus pada alamat pengirim.
7. Klik kalimat “ specific
word ” yang digaris bawah.
8. Isi
sesuai dengan kata yang kita inginkan. (Mis: Didin)
9. Klik Next kemudian
pilih “move it to the specified folder ” (akan memindahkanemail ke folder
tertentu)
10. Klik specified , akan muncul window
folder daripada Outlook
11. Pilih folder yang anda inginkan pada
“Inbox” ( sub folder).
12. Klik Next – kemudian beri
nama/judul untuk message rule tadi
13.Klik Finish.
8
1.4.5
Membuat
atau Mengirim Email
Untuk
membuat pesan ( message) baru pada Outlook ikuti langkah berikut:
1. Pada
folder Inbox, klik menu File.
2.
Sorot New .
3. Klik menu Mail Message.
Deskripsinya sebagai berikut :
a. To :
tujuan standar pengalamatan pesan.
b. Cc :
singkatan dari Carbon Copy . Jika Anda ingin mengirim pesan
kepadaseseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain,cantumkan
alamat emailnya pada kolom Cc selain pada kolom To.
c. Bcc : singkatan dari Blind Carbon Copy . Jika
Anda ingin mengirim pesan pada 2 orang, pada kolom To dan pada kolom Bcc,
keduanya akan menerima emailtetapi penerima yang ada dikolom To tidak akan
mengetahui (blind) bahwaemail juga dikirim kepihak ke 2(Bcc).
Setelah menentukan bagaimana dan kemana pesan akan
dikirim, ikuti langkah berikut :
1.
Klik tombol pengalamatan (addressing ) (To,
Cc, or Bcc).
2. Pada kolom "Show Names From The:"
, pastikan address list yang benar telah
dipilih,klik tanda panah down untuk memilih
3. Dobel
klik ( tekan To->, Cc->, Bcc-> ) nama orang yang ingin dikirim. Anda
dapatmemilihlebih dari satu nama dengan dobel klik pada nama tsb.
4. Klik
tombol OK . Anda akan kembali ke menu pesan/ atau New Mail Message
denganalamatemail yang telah dipilih tadi.
5. Masukkan text pada halaman isian pesan
6. Setelah selesai mengetik pesan
klik tombol Send , dan pesan akan segera dikirim.
9
Dapat
dilihat pada gambar di bawah ini :
1.4.6
Pemakaian
Group
Anda dapat mengirim email ke Group
tertentu, yang terdiri dari gabungan
beberapaalamat email. Hal ini berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyakalamat
sekaligus dalam satu Group dari pada menuliskan alamat email
satu-persatu. Untuk mengirim ke Group lakukan langkah berikut :
1. Klik “To” pada pengiriman email.
Akan muncul menu Address Book
2. Pada kolom “
Show Names from the : “ pilih All Groups ( atau ditempat mana anda membuat groups).
3. Klik Ok dan Send
10
1.4.7
Mengirim Attachments
( file lampiran )
Anda
ingin menyertakan sebuah file atau lebih pada
pesan anda, seperti dokumen atau spreadsheet , lakukan langkah
berikut:
1.
Seperti biasa, buat
pesan baru beserta elamat emailnya.
2.
Setelah selesai
mengetik pesan tekan tombol Insert pada toolbar.
3. Klik File.
4. Cari file yang ingin anda sertakan.
5. Dobel klik pada file yang akan disertakan.
11
1.4.8
Membalas
( Reply ) Pesan.
Ketika menerima dan telah membaca sebuah pesan (email) kemungkinan Andaingin
langsung membalas pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan haltersebut
lakukan langkah berikut :
a. Standard Reply :
1. Pada folder Inbox doble klik email
yang ingin Anda balas.
2. Klik tombol Reply .
3. Alamat pengirim akan otomatis
tercantum pada bagian “To :”
4. Ketik pesan anda pada body pesan.
5. Klik Send
b. Reply
To All
Fungsi
reply to all akan membalas pesan kepada semua penerima pesan
yang ditujuoleh pengirim pertama.Untuk melakukan ini :
1. Klik tombol reply to all
2. Semua penerima akan tercantum di bagian ” To : “dan semua alamat bagian Cc akan tercantum pada bagian “Cc :” juga
3. Ketik pesan anda pada body pesan.
4. Klik tombol send.
1. Klik tombol reply to all
2. Semua penerima akan tercantum di bagian ” To : “dan semua alamat bagian Cc akan tercantum pada bagian “Cc :” juga
3. Ketik pesan anda pada body pesan.
4. Klik tombol send.
1.4.9
Out
Of Office Assistant
Ms Outlook menyediakan fasilitas
autoreply, dimana Outlook akan otomatismembalas email yang
datang. Jika Anda berada diluar kantor atau sedang tidakditempat, Anda bisa
otomatis mengirim reply pesan keorang yang mengirim andapesan, sehingga orang
itu tahu bahwasannya Anda belum membaca pesan yangtelah dia kirim. Hal ini kita
lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Outlook yangdisebut “Out Of Office
Assistant “. Untuk melakukannya lakukan langkah berikut :
12
1. Klick Tools pada toolbar.
2. Klik Out Of Office Assistant
3. Jendela Out Of Office
Assistant akan muncul. Klik radio button disebelah “ I amcurrentlyout of the
office" dan ketik pesan yang ingin Anda sampaikan padakotak yang tersedia.
4. Klik tombol OK.
1.4.10 orward ( Meneruskan ) Pesan
Ketika Anda sudah membaca pesan, dan ingin juga
menyampaikan atau meneruskan pesan tersebut ke orang lain, lakukan langkah
berikut ini :
1. Buka
email atau pesan yang ingin Anda teruskan ke orang lain.
2. Klik tombol forward .
Masukkan alamat email penerima. Anda dapatmenambahkan
komentar di body text pesan jika diinginkan.
3. Setelah selesai, klik
Send.
1.4.11 Pemakaian Signature.
Kita juga dapat menyertakan “signature” atau tanda
tangan elektronik,biasanya
ditempatkan pada bagian bawah email kita.
Signature terlebih dahulu dibuat formatnya sehingga sewaktu
mengirim email tidak perlu dilakukan berulang-ulang
tetapi secara otomatis akan tertera pada bagian bawah email kita. Untuk
melakukannya ikuti langkah berikut:
1.
pada Outlook klik menu
Tools.
2. Pilih Options.
3. Pilih Mail Format ( ada di atas ).
4. Kemudian klik tombol “ Signature
Picker ” akan muncul window untuk
mengedit“ signature.
13
”5. Pilih New – masukkan nama untuk
“ signature ” Anda.
6. Klik Next – Ketik sesuai
yang Anda inginkan, demikian juga anda bisa memilihwarna danbentuk
dari font.
7. Klik Finish Signature biasanya berisi
jabatan dan alamat pengirim e-mail, sehimgga penerimadapat mengenal
identitaspengirim.
14
1.5 PENGELOLAAN PERSONAL ADDRESS BOOK
ATAU ALAMAT E-MAIL
Outlook menyediakan fasilitas Address
Book untuk mengelola semua alamat emailyang
ada,mengelompokkannnya secara personal maupun dalam beberapa Group.Personal
Address Book berisi alamat e-mail beserta informasi atau data-data dariorang
yang ingin Anda simpan. Untuk membuka Personal Addres
Book .
Lakukan
langkah-langkah berikut :
1.
Klik menu "Tools" pada toolbar.
2.
Klik " Address Book ".
Secara otomatis (default)
akan menampilkan “ Global Address
List ” yang berisialamat e-mail yang telah terdaftar.
15
1.5.1
Menambah
Alamat E-mail ke Outlook Address Book
Untuk menambah alamat email ke Outlook Address
Book , lakukan langkah berikut :
1. Klik tanda panah dibawah " Show Names from the:"
pilih Outlook Address Book
2. Klik File.
3. Klik New Entry
4. Pilih New Contact from the list and
klik "OK".
5. Pada isian Full Name , ketik nama lengkap.
6. Pada isian Email : ketik alamat lengkap e-mail
orang tersebut.
Contoh : (e-rafi@vedcmalang.co.id)
Setelah itu klik tombol “Save and Close“. Anda juga dapat menambah
informasi lain tentang user tersebut, seperti alamat, notelp, perusahaan, dan
lain-lain.
16
1.6 MENGGUNAKAN PERANGKAT E-MAIL EVOLUTION
Bagi anda yang
menggunakan komputer sendiri, biasanya telah tersedia
aplikasi di sistem operasi yang dapat membantu membaca e-mail secara lokal di komputer yang kita gunakan. Aplikasi ini
biasa di sebut sebagai e-mail client.
1.6.1
Pola kerja sebuah e-mail client
Pola kerja sebuah e-mail client sangat sederhana yaitu :
1.
Konfigurasi e-mail client untuk memasukan nama
server e-mail kita, username dan password.
2.
Konfigurasi e-mail client untuk mengetahui ke
server e-mail mana untuk me-relay e-mail.
Biasanya untuk pengguna Telkom dapat menggunakan smtp.telkom.net.
1.6.2
Hal yang menyebabkan
penggunaan e-mail client
menjadi menarik
Beberapa hal yang menyebabkan penggunaan e-mail client
menjadi menarik antara lain adalah :
1.
Jumlah e-mail yang
dapat di simpan hampir tidak terbatas, hanya di batasi oleh besarnya harddisk.
17
1.6.3 Cara mengoperasikan e-mail evolution
Pada dasarnya ada dua (2) perangkat
lunak e-mail client yang banyak digunakan
di sistem operasi open source, yaitu :
- Evolution.
- Thunderbird
Pada sistem operasi Ubuntu perangkat
lunak e-mail client yang sudah tersedia adalah
Evolution.
Perangkat lunak Evolution dapat di akses
dari menu, Applications → Internet → Evolution Mail.
18
Saat pertama
kali Evolution digunakan biasanya kita akan di tawari untuk
mengkonfigurasi perangkat lunak Evolution. Perlu dimasukan adalah
Ø Nama Lengkap.
Ø E-mail address.
Jika informasi
ini telah yakin dimasukan, kita dapat melanjutkan proses konfigurasi awal dengan menekan tombol
“Forward”.
19
Untuk proses pengambilan e-mail kita
perlu mengkonfigurasi
- Tipe Server – biasanya POP atau POP3, tapi ada juga yang dapat di konfigurasi sebagai IMAP.
- Server – nama server e-mail.
- Username – nama pengguna di server mail di Internet.
Jika konfigurasi ini telah di masukan, kita
perlu menekan tombol “Forward” untuk meneruskan proses konfigurasi awal dari
Evolution.
Selanjutnya yang penting di konfigurasi juga
adalah server untuk mengirimkan e-mail.
Rata-rata masing-masing ISP akan
memberikan jasa sebuah Server
Untuk membantu mengirimkan e-mail.
Parameter yang perlu di konfigurasi adalah,
-
Tipe Server - biasanya SMTP.
-
Server
- smtp.telkom.net untuk pengguna Telkom.
20
Pada dasarnya selesai sudah bagian-bagian
yang penting dalam proses konfigurasi Evolution. Kebanyakan konfigurasi yang
perlu dilakukan hanyalah menekan tombol “Forward” dan di akhiri dengan menekan
tombol “Finish”.
Tampilan Evolution relatif sederhana, dan
Evolution akan berusaha untuk mengambil e-mail dari server mail yang telah kita definisikan
sebelumnya. Beberapa tombol penting yang perlu di perhatikan di Evolution
hanya,
§
New – untuk menulis e-mail baru.
§
Send atau Receive – untuk
memaksa Evolution mengirim dan menerima e-mail.
§
Reply – untuk membalas
sebuah e-mail.
21
Pada bagian Inbox, kita dapat melihat semua e-mail yang
masuk ke kotak surat
kita.
Pada dasarnya sama dengan apa yang ada di Webmail,
hanya saja sekarang semua menjadi lebih cepat karena menggunakan perangkat lunak e-mail client
di komputer sendiri.
Mengirim / menulis e-mail dapat dilakukan
dengan menekan tombol “New” di menu Evolution. Sesaat sesudah itu akan tampak
tampilan kolom untuk menulis e-mail. Langkah yang perlu dilakukan pada saat
menulis e-mail secara berurut hanyalah,
1.
Tuliskan alamat e-mail tujuan
pada kolom “To:”
2.
Tuliskan perihal atau subject e-mail pada
kolom “Subject:”
3. Tuliskan berita yang akan dikirim.
4.
Tekan tombol kirim “Send”,
jika e-mail telah selesai di ketik.
22
No comments:
Post a Comment