BANK SOAL SMA
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
PAKET SOAL : 01
Mata Pelajaran : Sejarah Budaya/Antropologi
Jenjang Pendidikan : SMA
Program/Jurusan : IPB/Bahasa
1
|
Bangsa Indonesia adalah
bangsa yang religius,tradisi tutug Kambuhan biasanya dilakukan terhadap bayu
yang berumur tiga bulan.Merupakan salah satu wujud kebudayaan,….
|
|
A.
|
Kesatuan aktivitas dan prilaku
|
|
B.
|
Dimiliki oleh masyarakat
|
|
C.
|
Dalam bentuk benda-benda hasil budaya
|
|
D.
|
Diwariskan
|
|
E.
|
Berupa kesatuan ide
|
2.
|
Kebudayaan tidak bisa
diperoleh secara genetika yang ada dalam tubuhmanusia tetapi diperoleh
melalui kedudukan manusia sebagai mahluk sosial.Wujud kebudayaan dalam benruk
benda-benda hasil karya manusia salah satunya,….
|
|
A.
|
Tari-tarian
|
|
B.
|
Tata cara perkawinan
|
|
C.
|
Awig-awig desa adat
|
|
D.
|
Honai
|
|
E.
|
Upacara ngaben
|
3.
|
Kebudayaan asing adalah
kebudayaan yang hidup dan dimiliki oleh masyarakat di luar bangsa
Indonesia.Masuknya budaya asing tentunya akan memberikan pengaruh,salah satu
pengaruh budaya asing di bidang teknologi informasi adalah,….
|
|
A.
|
Semakin banyaknya pasar-pasar modern
|
|
B.
|
Semakin mudahnya berkomunikasi dengan
menggunakan HP
|
|
C.
|
Banyaknya muncul restoran cepat saji
|
|
D.
|
Gaya hidup pergaulan bebas
|
|
E.
|
Gaya hidup mengkonsumsi narkoba
|
4.
|
Perhatikan pernyataan
dibawah ini.
1. Pemakaian dokar sebagai
sarana tranportasi
2. Pemakaian pesawat
udara sebagai sarana transportasi
3. Pemakaian Cidomo
sebagai sarana transportasi
4. Pemakaian kereta api
sebagai sarana transportasi
5. Pemakaian andong
sebagai sarana transportasi
Yang termasuk pengaruh
budaya asing dalam bidang transportasi adalah,…
|
|
A.
|
1 dan 2
|
|
B.
|
1 dan 3
|
|
C.
|
2 dan 3
|
|
D.
|
4 dan 5
|
|
E.
|
2 dan 4
|
5.
|
Di SMA Negeri 1 kediri
setiap pagi sebelum pelajaran di mulai,bagi siswa yang beragama Hindu di
wajibkan untuk sembahyang bersama di halaman sekolah.Salah satu contoh sikap
toleransi yang harus dilakukan oleh siswa yang beragama lain adalah,….
|
|
A.
|
Membikin keributan di kelas
|
|
B.
|
Membuat sembahyang tandingan
|
|
C.
|
Datang terlambat kesekolah
|
|
D.
|
Menunggu di kelas dengan tenang dan tertib
|
|
E.
|
Mencemooh cara sembahyang
|
6.
|
Adisi adalah unsur
kebudayaan lama yang masih berfungsi ditambah dengan unsur-unsur yang baru
sehingga memberikan nilai lebih.Salah satu contoh hasil budaya adisi
adalah,….
|
|
A.
|
Sepeda gayung mengganti transportasi sepeda
motor
|
|
B.
|
Sepeda motor melengkapi transportasi andong
|
|
C.
|
Cidomo mengganti transportasi becak
|
|
D.
|
Pesawat garuda mengganti transportasi
kereta api
|
|
E.
|
Andong mengganti transportasi cidomo
|
7.
|
Masuknya kebudayaan asing
ke Indonesia pasti akan menghasilkan perpaduan kebudayaan dan unsur
kebudayaan asli masih bisa bertahan.Perpaduan kebudayaan ini juga bisa
menimbulkan kegoncangan budaya seperti,….
|
|
A.
|
Masyarakat sangat terbuka terhadap budaya
asing
|
|
B.
|
Pengetahuan yang memadai terhadap suatu
budaya asing
|
|
C.
|
Penyiar agama memaksakan ajaran agamanya
|
|
D.
|
Adanya penyuluhan yang terbuka terhadap
unsur budaya asing
|
|
E.
|
Pemerataan penyebaran kebudayaan sampai ke
daerah-daerah
|
8.
|
Kedatangan bangsa India
ke Indonesia tentunya membawa berbagai pengaruh salah satunya perkembangan agama
Hindu dan Budha.Salah satu contoh sinkretisme dari perpaduan agama Hindu dan
Budha adalah,….
|
|
A.
|
Masyarakat menganut agama Kaharingan
|
|
B.
|
Pemujaan terhadap roh-roh nenek moyang
|
|
C.
|
Adanya pemujaan terhadap pohon-pohon besar
|
|
D.
|
Agama Tantrayana berkembang pada jaman
Singasari
|
|
E.
|
Agama Mahayana berkembang pada jaman
Majapahit
|
9.
|
Masuknya proyek listrik
masuk desa membawa perubahan pada kehidupan masyarakat.Adapun dampak dari
proyek tersebut adalah,….
|
|
A.
|
Masuknya berbagai media elektronik kedesa
|
|
B.
|
Lampu teplok masih sebagai penerangan utama
|
|
C.
|
Perekonomian masyarakat menjadi mundur
|
|
D.
|
Alat komunikasi masih menggunakan kentongan
|
|
E.
|
Pendidikan menjadi terpinggirkan
|
10.
|
Perbedaan antara bentuk
budaya adisi dengan dekulturasi adalah,…
|
11.
|
Keberagaman budaya
merupakan keadaan yang terjadi di
Indonesia.Keberagaman budaya ini akan memberikan dampak positif dan
negatif.Salah satu contoh dampak negative tersebut adalah,….
|
|
A.
|
Toleransi antar umat beragama
|
|
B.
|
Adanya pendidikan yang tidak bersifat SARA
|
|
C.
|
Mengembangkan rasa nasionalisme
|
|
D.
|
Meninggalkan sikap fanatisme berlebihan
|
|
E.
|
Munculnya konflik antar etnis
|
12.
|
Perhatikan pernyataan dibawah ini.
1. Animisme dan Dinamisme
adalah kepercayaan manusia modern
2. Mata pencaharian
masyarakat Dayak adalah pelaut
3. Bahasa pergaulan
Masyarakat Jawa adalah bahasa Bali
4. Pada Umumnya religi
masyarakat Minangkabau adalah Islam
5. Mata pencaharian
masyarakat Bajo adalah pelaut
Yang termasuk unsur-unsur
budaya adalah,…
|
|
A.
|
1 dan 2
|
|
B.
|
1 dan 3
|
|
C.
|
1 dan 5
|
|
D.
|
4 dan 5
|
|
E.
|
2 dan 4
|
13.
|
Bangsa Indonesia terdiri
dari bermacam-macam suku bangsa dan etnik kebudayaannya masing-masing.Salah
satu contoh dampak keragaman budaya tersebut adalah,….
|
|
A.
|
Masing-masing etnis ingin menonjol
|
|
B.
|
Toleransi antar budaya
|
|
C.
|
Menganggap agama sendiri paling baik
|
|
D.
|
Timbulnya sikap chauvinisme
|
|
E.
|
Budaya daerah lain tidak boleh berkembang
|
14.
|
Perhatikan pernyataan
berikut.
1. Tindakan seseorang
yang tidak suka meniru gaya orang lain
2. Tindakan seseorang
membantu orang yang kena bencana
3. Seseorang yang suka
mengidentikkan dirinya dengan tokoh idola
4. Seseorang yang tidak
pernah tertarik dengan orang lain
5. Seseorang yang tidak
pernah membantu orang lain
Faktor-faktor pendorong
dinamika budaya adalah,….
|
|
A.
|
1 dan 3
|
|
B.
|
1 dan 4
|
|
C.
|
2 dan 3
|
|
D.
|
3 dan 4
|
|
E.
|
2 dan 5
|
15.
|
Manusia,masyarakat dan
kebudayaan cenderung mengalami perubahan sosial dan budaya baik secara cepat
maupun secara lambat.
Contoh dinamika
kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari,….
|
|
A.
|
Remaja sekarang lebih suka makan Pizza
daripada makan Gudeg
|
|
B.
|
Perempuan sekarang masih suka memakai
kebaya
|
|
C.
|
Siswa lebih suka kesekolah naik delman
|
|
D.
|
Laki-laki tidak suka bekerja di Salon
|
|
E.
|
Para remaja sangat suka minum jamu
|
16.
|
Nanda adalah seorang
siswa yang pintar di sekolah,setiap tahun dia selalu menjadi juara
umum.Dengan kepintaran tersebut ia selalu memberikan les gratis di rumahnya
bagi anak-anak yang putus sekolah.Ilustrasi tersebut merupakan contoh dari,….
|
|
A.
|
Toleransi
|
|
B.
|
Imitasi
|
|
C.
|
Identifikasi
|
|
D.
|
Sugesti
|
|
E.
|
Empati
|
17.
|
Integrasi nasional
merupakan proses penyatuan kelompok-kelompok yang berbeda secara sosial dan
budaya kedalam kesatuan territorial tunggal dan satu identitas nasional.Salah
satu faktor pendukung terjadinya integrasi nasional adalah,….
|
|
A.
|
Kurangnya toleransi antar golongan yang
akan memicu konflik
|
|
B.
|
Adanya rasa senasib dan seperjuangan karena
faktor sejarah
|
|
C.
|
Sebagian masyarakat lebih mementingkan
kelompoknya
|
|
D.
|
Ketidakmerataan hasil-hasil pembangunan
|
|
E.
|
Adanya konflik antar suku,ras,agama dan
golongan
|
18.
|
Perhatikan pernyataan berikut
1.Adanya rasa senasib dan
seperjuangan
2.Adanya keinginan untuk
bersatu
3.Munculnya
konflik-konflik antar suku
4.Masuknya budaya asing
yang menyimpang
5.Munculnya semangat
nasionalisme karena ancaman dari luar,….
Factor-faktor penghambat
integrasi nasional,….
|
|
A.
|
1 dan 2
|
|
B.
|
1 dan 3
|
|
C.
|
2 dan 5
|
|
D.
|
3 dan 4
|
|
E.
|
4 dan 5
|
19.
|
Perwujudan integrasi
nasional bisa dilakukan melalui berbagai bidang,contoh perwujudan dari
integrasi nasional adalah,….
|
|
A.
|
Toleransi antar suku
|
|
B.
|
Memelihara lingkungan
|
|
C.
|
Mencegah polusi
|
|
D.
|
Memperkuat etnosentrisme
|
|
E.
|
Menjaga kelestarian hewan langka
|
20.
|
Integrasi Nasional
merupakan kondisi masyarakat yang dapat menyatukan berbagai macam etnis di
Indonesia.Dibawah ini yang merupakan contoh prilaku yang dapat menumbuhkan
integrasi nasional adalah,….
|
|
A.
|
Teror terhadap agama lain
|
|
B.
|
Fanatisme berlebihan
|
|
C.
|
Saling menghormat antar etnis
|
|
D.
|
Intimidasi terhadap etnis tertentu
|
|
E.
|
Terlalu terbuka terhadap ideology asing
|
21.
|
Yang
termasuk sarana pewarisan budaya pada masyarakat tradisional dan modern
adalah,….
|
22.
|
Pewarisan
budaya pada masyarakat tradisional berlangsung secara sederhana karena belum
mengenal cara hidup yang modern.Contoh pewarisan budaya pada masyarakat
tradisional yaitu,….
|
|
A.
|
Permainan playstation
|
|
B.
|
Mendongeng sebelum tidur
|
|
C.
|
Pertunjukkan fashion show
|
|
D.
|
Siswa belajar disekolah-sekolah formal
|
|
E.
|
Debat politik di televisi
|
23.
|
Proses
pewarisan budaya pada masyarakat modern sifatnya lebih kompleks.Contoh
pewarisan budaya pada masyarakat modern yaitu,….
|
|
A.
|
Pertunjukkan lenong
|
|
B.
|
Mendongeng sebelum tidur
|
|
C.
|
Belajar di pesantren
|
|
D.
|
Siswa belajar disekolah-sekolah formal
|
|
E.
|
Berkomunikasi menggunakan kentongan
|
24.
|
Dari
tabel dibawah ini contoh dari kegoncangan budaya ( Cultural shock)dan
ketimpanga budaya (Cultural lag )adalah,….
|
25.
|
Perkembangan
teknologi pada jaman sekarang ini sangat luar biasa pesatnya,terutama media
elektronik seperti HP,setiap bulan selalu muncul model terbaru.Tetapi
perkembangan ini tidak diimbangi dengan perkembangan nilai di masyarakat
contohnya,….
|
|
A.
|
HP dipakai mencari situs-situs pornografi
|
|
B.
|
HP dipakai sebagai sarana bermain
|
|
C.
|
HP dipakai sebagai sarana bertukar
informasi
|
|
D.
|
HP dipakai sarana untuk mengembangkan bakat
seni
|
|
E.
|
HP dipakai sebagai sarana pendidikan
|
26.
|
Variasi
bahasa berdasarkan bidang pemakaiannya menyangkut bahasa itu digunakan untuk
keperluan tertentu salah satunya adalah ragam sastra.Contohnya,….
|
|
A.
|
Gubernur meninjau korban tsunami di Aceh
|
|
B.
|
Pagiku sudah hilang melayang
|
|
C.
|
Anaknya bersekolah di Jakarta
|
|
D.
|
Saudara boleh dating lagi kesini
|
|
E.
|
Kaus blong ini seharga Rp.5000,-
|
27.
|
“Nuwun
sewu,kula badhe nyuwun pirsa,dalemipun mas Budi punika,wonten pundi ?”
Dari
percakapan diatas adalah salah satu contoh dialek bahasa,….
|
|
A.
|
Bahasa sasak
|
|
B.
|
Bahasa Sunda
|
|
C.
|
Bahasa Jawa
|
|
D.
|
Bahasa Bali
|
|
E.
|
Bahasa Melayu
|
28.
|
Dialek
merupakan keragaman cara pengucapan atau gaya penggunaan bahasa.Pengaruh
bahasa dan dialek terhadap gaya hidup masyarakat dapat dilihat melalui,….
|
|
A.
|
Status ekonomi
|
|
B.
|
Pendidikan
|
|
C.
|
Kebudayaan
|
|
D.
|
Daerah
|
|
E.
|
Gaya hidup
|
29.
|
1. Hanya
boleh dipergunakan masyarakat tertentu
2. Berguna
untuk menaikkan status sosial
3. Dipakai
sebagai alat berkomunikasi
4. Sebagai
alat pengesahan lembaga-lembaga kebudayaan
5.
Bermanfaat sebagai sarana pendidikan
Fungsi
tradisi lisan berikut ini adalah,….
|
|
A.
|
1 dan 2
|
|
B.
|
1 dan 3
|
|
C.
|
2 dan 3
|
|
D.
|
3 dan 4
|
|
E.
|
4 dan 5
|
30.
|
Tradisi
lisan adalah tradisi yang diwariskan secara turun temurun dengan menggunakan
bahasa lisan.Tradisi lisan yang masih berkembang saat ini adalah,….
|
|
A.
|
Film kartun Sponge Bob
|
|
B.
|
Pagelaran wayang orang
|
|
C.
|
Pemuteran film drakula
|
|
D.
|
Penayangan sinetron
|
|
E.
|
Pementasan musik jass
|
31.
|
1.Penulisan
sastra bersifat modern
2.
Pewarisannya dilakukan secara lisan
3.
Penciptanya selalu mencantumkan nama
4. Tidak
bermanfaat bagi masyarakat
5. Menjadi
milik masyarakat tertentu
Yang
merupakan ciri-ciri folklore adalah,….
|
|
A.
|
1 dan 2
|
|
B.
|
2 dan 3
|
|
C.
|
2 dan 4
|
|
D.
|
1 dan 5
|
|
E.
|
2 dan 5
|
32.
|
“ Eda
ngaden awak bise,depang anake ngadanin,gaginane buka sampat anak sai tumbuh
luu “
Kalimat
diatas adalah tradisi lisan yang sering disampaikan masyarakat Bali untuk
mensosialisasikan nilai-nilai.Ini adalah salah satu contoh dari,…
|
|
A.
|
Legenda
|
|
B.
|
Dongeng
|
|
C.
|
Petuah
|
|
D.
|
Mitos
|
|
E.
|
Pantun
|
33.
|
1. Rumpun
bahasa-bahasa Indonesia
2. Rumpun
bahasa Melanesia
3. Rumpun
bahasa Naisadha
4. Rumpun
bahasa Cina
5. Rumpun
bahasa Latin
Dari
pernyataan diatas yang termasuk rumpun bahasa Austronesia adalah,….
|
|
A.
|
1 dan 2
|
|
B.
|
1 dan 3
|
|
C.
|
1 dan 4
|
|
D.
|
1 dan 5
|
|
E.
|
4 dan 5
|
34.
|
Dari
peta dibawah ini yang menunjukkan daerah persebaran bahasa Papua adalah,…
|
35.
|
1.Adanya
beragam etnis di Indonesia
2.Indonesia
adalah Negara yang homogen
3.Indonesia
adalah Negara kepulauan
4. Adanya
Undang-undang anti seni
5.Hanya
satu kesenian yang boleh ada
Dari
pernyataan diatas ada beberapa faktor terwujudnya keragaman seni di
Indonesia,…
|
|
A.
|
1 dan 2
|
|
B.
|
1 dan 3
|
|
C.
|
2 dan 4
|
|
D.
|
3 dan 5
|
|
E.
|
1 dan 5
|
36.
|
Dalam
masyarakat tradisional maupun modern,fungsi seni sangat jelas terlihat
seperti sebagai sarana ritual,salah satu contohnya adalah,…
|
|
A.
|
Tari Jaipong
|
|
B.
|
Tari Merak Angelo
|
|
C.
|
Tari Baris Gede
|
|
D.
|
Tari Piring
|
|
E.
|
Tari
Kembang Girang
|
37.
|
Seni
pertunjukkan merupakan bentuk seni yang cukup kompleks karena merupakan
gabungan berbagai bidang seni.Seni yang berfungsi sebagai prosentasi estetis
adalah,….
|
|
A.
|
Tari Tayub dan Ketoprak
|
|
B.
|
Ludruk dan Lenong
|
|
C.
|
Makyong dan Lenong
|
|
D.
|
Tari Rejang dan Tari Sanghyang
|
|
E.
|
Srimulat dan wayang orang
|
38.
|
Kesenian
sering sekali dijadikan sebagai media untuk menyampaikan nilai-nilai
moral,dimana seni berfungsi sebagai pendidikan adalah,…
|
|
A.
|
Bondres yang selalu menyampaikan pesan
moral
|
|
B.
|
Pembacaan puisi dari WS Rendra
|
|
C.
|
Pagelaran kesenian Janger
|
|
D.
|
Konser musik Inul Daratista
|
|
E.
|
Opera Van Java
|
39.
|
Sastra
tulis di Indonesia memiliki tradisi naskah,aksara,alat tulis dan media yang
berbeda dari setiap daerah dan setiap jaman salah satu contoh sastra tertulis
di Indonesia adalah,…
|
|
A.
|
Berbalas Pantun
|
|
B.
|
Tanggomo
|
|
C.
|
Didong
|
|
D.
|
Wayang kulit
|
|
E.
|
Kitab Negarakertagama
|
40.
|
Seni rupa
merupakan ragam seni yang menggunakan rupa atau bentuk-bentuk yang dapat
dinikmati dengan mata,seperti seni lukis.Salah satu contoh seni lukis di
Indonesia adalah,….
|
|
A.
|
Monalisa pelukisnya Leonardo Da Vinci
|
|
B.
|
Potret diri pelukisnya Van Gogh
|
|
C.
|
The Letter Reader pelukisnya Johannes
Vermeer
|
|
D.
|
Berburu singa pelukisnya Raden Saleh
|
|
E.
|
Mengenang desanya pelukisnya Arie Smiith
|
41.
|
Meski
kesenian adalah hasil budi daya manusia yang indah,namun membawa pula dampak
bagi masyarakat.Dampak positif dari kesenian contohnya,….
|
|
A.
|
Pertunjukan tarian erotis
|
|
B.
|
Sinetron berisi adegan kekerasan
|
|
C.
|
Konser musik musik yang selalu rusuh
|
|
D.
|
Pesta Kesenian Bali yang menarik wisatawan
|
|
E.
|
Gaya hidup para artis sering menjadi
sorotan
|
42.
|
Dilihat
dari sumber terjadinya,agama dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu agama
bumi dan agama wahyu.Kedua agama ini memiliki perbedaan yaitu,….
|
|
A.
|
Agama wahyu berasal dari wahyu Tuhan
|
|
B.
|
Agama wahyu berasal dari pemikiran manusia
|
|
C.
|
Agama bumi berasal dari wahyu Tuhan
|
|
D.
|
Agama wahyu tidak mempunyai kitab suci
|
|
E.
|
Agama bumi mempunyai Nabi
|
43.
|
Perhatikan
tabel dibawah ini,perbedaan agama dan kepercayaan adalah,…
|
44.
|
Kepercayaan
totemisme bahwa manusia dengan alam,seperti tumbuhan dan hewan,memiliki
kesatuan hubungan.Contoh dari Totemisme adalah,….
|
|
A.
|
Kepercayaan pada kekuatan keris pada
masyarakat Jawa
|
|
B.
|
Upacara kenduri laut pada masyarakat Aceh
|
|
C.
|
Suku Asmat garis keturunan mereka berasal
dari patung
|
|
D.
|
Kepercayaan terhadap roh leluhur pada
masyarakat Sunda(karuhun)
|
|
E.
|
Kepercayaan terhadap batu akik pada
masyarakat Jawa
|
45.
|
Di Indonesia kehidupan
keagamaan sudah ada sejak jaman dahuluseperti animisme dan dinamisme.
Perbedaan animisme
dan dinamisme adalah….
|
46.
|
Berikut
prilaku keagamaan yang menimbulkan dampak positif dan negative sebagai
berikut,….
|
47.
|
Ilmu
pengetahuan dan teknologi melahirkan dampak positif dan negatif bagi
kehidupan manusia contohnya,….
|
48.
|
Pewarisan
IPTEK di Indonesia seringkali terjadi hambatan atau kendala karena berbagai
sebab salah satunya adalah,…
|
|
A.
|
Memperluas kesempatan kerja
|
|
B.
|
Kemajuan dibidang pendidikan
|
|
C.
|
Kemajuan perekonomian masyarakat
|
|
D.
|
Kurangnya pemerataan pembangunan
|
|
E.
|
Kemampuan menggunakan teknologi
|
49.
|
Dalam
menyusun etnografi dikenal dengan metode kerja yang secara umum dilakukan
jika seseorang akan menyusun sebuah etnografi,adapun metode pengumpulan data
dalam penelitian etnografi adalah,….
|
|
A.
|
Pengamatan ( Observasi )
|
|
B.
|
Percobaan di Laboratorium
|
|
C.
|
Pengamatan tidak terkendali
|
|
D.
|
Intimidasi terhadap informan
|
|
E.
|
Praktek di lapangan
|
50.
|
1.
Menetapkan informan
2.Membuat
analisis komponen
3. Bersifat
deskriptif
4.Menemukan
tema-tema budaya
5.Data
lisan dicek dengan data tetulis
Dari
pernyataan diatas yang merupakan cirri-ciri penelitian studi etnografi
adalah,….
|
|
A.
|
1 dan 2
|
|
B.
|
2 dan 3
|
|
C.
|
2 dan 4
|
|
D.
|
3 dan 5
|
|
E.
|
4 dan 5
|
Nomor
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
Nomor
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
|
Nomor
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1
|
A
|
|
21
|
E
|
|
41
|
D
|
2
|
D
|
|
22
|
B
|
|
42
|
B
|
3
|
B
|
|
23
|
D
|
|
43
|
B
|
4
|
E
|
|
24
|
C
|
|
44
|
C
|
5
|
D
|
|
25
|
A
|
|
45
|
A
|
6
|
B
|
|
26
|
B
|
|
46
|
E
|
7
|
C
|
|
27
|
C
|
|
47
|
C
|
8
|
D
|
|
28
|
A
|
|
48
|
C
|
9
|
A
|
|
29
|
E
|
|
49
|
D
|
10
|
C
|
|
30
|
B
|
|
50
|
D
|
11
|
E
|
|
31
|
D
|
|
|
|
12
|
D
|
|
32
|
C
|
|
|
|
13
|
B
|
|
33
|
A
|
|
|
|
14
|
C
|
|
34
|
B
|
|
|
|
15
|
A
|
|
35
|
B
|
|
|
|
16
|
E
|
|
36
|
C
|
|
|
|
17
|
B
|
|
37
|
D
|
|
|
|
18
|
D
|
|
38
|
A
|
|
|
|
19
|
A
|
|
39
|
E
|
|
|
|
20
|
C
|
|
40
|
D
|
|
|
|
tidak ada pembahasan nya ya ???
ReplyDeletemohon di buat kelas baerapa ini
ReplyDeleteDi kunci jawaban anda menulis 49. D
ReplyDeleteSedangkan keterangannya intimidasi informan. Apa tidak salah? Dan tolong penjelasannya
TERIMAKASIH
ReplyDelete