Sunday 17 February 2013

Memasak Daging Agar Cepat Empuk



            Kebanyakan daging memiliki tekstur alot dan keras, terutama daging kerbau. Daging sapi, kambing, bebek, bahkan ayam sekalipun teksturnya bisa menjadi alot jika dimasak dengan cara yang salah. Tekstur daging yang alot akan sangat merugikan, mulut akan kesusahan dalam mengunyah yang tentu dapat mengurangi cita rasa dari masakan tersebut, serta dapat berdampak buruk bagi pencernaan. Kadangkala jika kita memasak daging untuk memdapatkan tekstur yang lembut kita sering memasaknya dalam waktu lama, tentu hal ini boros waktu dan uang.
            Jadi bagaimana cara memasak daging agar mendapatkan ualitas daging yang empuk ? berikut dapat dicoba tipsnya:

1.      Potongan daging sebaiknya diperkecil tapi tetap disesuaikan dengan makanan yang kita buat, selain itu potongan daging harus seragam karena hal ini akan mempengaruhi tingkat kematangan daging, jika potongannya tidak seragam maka tingkat kematangan daging akan berbeda-beda.
2.      Marinade. Marinade adalah proses pelumuran bahan tertentu pada daging. Untuk membuat daging menjadi empuk dapat kita marinade dengan parutan buah nanas (untuk daging yang direbus), ini juga akan meningkatkan rasa dari daging. Selain nanass daun papaya (untuk daging yang direbus) juga bisa digunakan dengan cara diremas dan diaduk bersama daging sebelum diolah.

3.      Masaklah daging dengan api sedang, jika dimasak dengan api besar akan membuat daging bagian luar lebih cepat matang, sebaliknya jika api kecil akan membuat juice daging keluar (seperti pada pembuatan stock/kaldu, dimasak dengan api kecil agar sari daging keluar dan menyatu dengan air rebusan)

4.      Memasukan bahan logam atau botol kaca kedalam daging, bahan logam yang dapat dipakai misalnnya sendok caranya tinggal dimasukan kedalam daging. Sementara pada daging yang lebih besar seperti daging utuh dapat dimasukan botol kaca kedalam bagian perutnya, botol kaca dan udara dalam botol akan memanas dan mematangkan daging bagian dalam sehingga kita tak perlu menunggu bagian dalam matang denganapi dari luar saja karena kemungkianan besar bagian luar akan hangus saat bagian dalam matang.

masih adalagi yang perlu diketahui tentang daging, silahkan baca artikel Pengetahuan tentang Daging atau Meat
Sekian postingan saya semoga bisa membantu.

No comments:

Post a Comment