Wednesday 30 January 2013

Membersihkan dan Mensanitasi Tempat Kerja


B.      Membersihkan dan Mensanitasi Tempat Kerja
1.       Macam-Macam Bahan Pembersih
Tujuan dari membersihkan dan memelihara peralatan adalah:
a)      agar peralatan yang kotor menjadi bersih kembali dari sisa makanan dan debu,
b)      menjauhkan diri dari sumber penyakit,
c)       menghemat biaya, dan
d)      peralatan menjadi lebih tahan lama masa pakainya.
Agar dapat membersihkan dan merawat peralatan dengan benar, maka harus terlebih dahulu mengetahui sifat dari masing-masing bahan. Sehingga langsung dibahas tentang cara membersihkan dan memelihara peralatan. Peralatan dapur dikelompokkan berdasarkan pada bahan dasar yang dipergunakan untuk membuat peralatan.
2.       Macam-Macam Peralatan
a.       Alat yang dibuat dari besi
Besi banyak digunakan untuk membuat wajan. Karena besi mudah berkarat maka perlu dibersihkan dengan air sabun, garam halus, dan sabut gosok. Untuk jenis besi yang berlapis tergantung dari jenis lapisannya. Besi berlapis email dibersihkan dengan air sabun, serbuk vim, dan sabut halus. Besi berlapis teflon dibersihkandengan air sabun dan busa halus. Untuk lapisan teflon jangan sekali-kali menggunakan abu gosok dan sabut yang kasar karena lapisan teflon akan mengelupas dan rusak. Untuk menghilangkan bau dan sisa lemak sebaiknya disiram dengan air panas, kemudian dilap dan dikeringkan.
b.      Alat dari timah
Saringan dan sejenisnya sering terbuat dari bahan timah. Dalam merawat diperlukan cara yang teliti, terutama sisa makanan yang melekat. Untuk mencuci sebaiknya tidak menggunakan sabun, karena soda akan merusak alat dari bahan timah. Jadi, cukup menggunakan vim atau abu gosok halus dengan sabut, kemudian dibilas dan disiram dengan air panas dan dikeringkan.
c.       Alat dari tembaga
Alat yang dibuat dari tembaga sangat baik dan mahal. Kelemahannya adalah apabila tidak dibersihkan dengan baik akan terlihat kotor dan tidak menarik. Untuk membersihkannya diperlukan campuran tepung, cuka, serta serbuk perak. Lalu, dicuci air panas dan dikeringkan.
d.      Alat dari aluminium
Aluminium dibersihkan dengan air sabun, serbuk gosok halus atau vim, busa, dibilas sampai bersih lalu dikeringkan.
e.      Stainless steel
Peralatan dari bahan stainless steel sangat baik digunakan. Harganya cukup mahal, tetapi banyak disukai karena pemeliharaannya mudah. Alat ini dibersihkan dengan air sabun, busa atau spon, dibilas sampai bersih, lalu dikeringkan atau dilap.
f.        Alat dari bahan kuningan
Peralatan dari kuningan yang langsung berhubungan dengan makanan sebaiknya dicuci dengan menggunakan air jeruk nipis, asam, belimbing wuluh, serbuk bata halus, dibilas, dan disiram dengan air panas, lalu dikeringkan.
g.       Alat dari tanah liat
Alat dari tanah liat dibersihkan dengan menggunakan sabut, abu gosok, dan dibilas dengan air bersih lalu dikeringkan.
h.      Alat dari bambu dan kayu
`               Peralatan dari kayu dibersihkan atau dicuci dengan air sabun, serbuk atau abu gosok, sabut ataupun sikat, dibilas dan dikeringkan agar tidak berjamur.
i.         Alat dari bahan batu
Alat dari batu dibersihkan dengan abu gosok atau vim, sikat dan dibilas sampai bersih, lalu dikeringkan.
j.        Alat dari bahan plastik dan melamin
Alat ini dibersihkan dengan sabun biasa atau sabun cair. Busa lalu dibilas sampai bersih dan dikeringkan.
k.       Alat dari bahan kaca, keramik, dan porselin
Alat ini dibersihkan dengan air sabun, vim, sabut hijau, atau spon, lalu dibilas dan dikeringkan.


kembali

No comments:

Post a Comment