Thursday 31 January 2013

cara dual boot windows 7 dan windows 8



Jika anda ingin menginstal windows 8 tapi ingin tetap mempertahankan windows 7 cara yang paling ampuh adalah dengan membuat dual boot pada PC anda, caranya sangat mudah
Pertama buat partisi baru untuk tempat windows8 nantinya diinstal, bisa menggunakan windows built-in disk manager atau cara yang paling mudah menggunakan software EASEUS, pastikan menggunakan sistem file ntfs. Kalau mau tahu caranya untuk membuat partisi baru silahkan komentar yha..

Kedua masukan cd yang sudah berisi file instalasi windows atau bisa instal windows 8 melaluiflashdisk, saat menginstal pastikan untuk memilih partisi yang benar, kalau salah bisa fatal akibatnya. Ikuti proses istalasinya, PC anda akan restrat beberapa kali. jika belum punya file instalasinya silahkan lihat disini.

Ketiga jika sudah terinstal saat menghidupkan PC anda akan terliihat menu pilihan, mau menghidupkan dengan windows 8 atau windows 7, defaultnya adalah windows 8, jika terus didiamkan saat menghidupkan maka komputer akan booting menggunakan windows 8. Jika ingin mengubah defaultnya ikuti langkah berikut ini:
a.    Tekan kombinasi tombol start+R atau cari menu run pada menu start
b.    Ketik msconfig lalu enter/OK
c.    Cari tab “boot” lalu pilih windows 7
d.   Tekan set as default lalu OK
Selesai
Sekian pos kali ini, semoga membantu

No comments:

Post a Comment