Wednesday 13 March 2013

Cara cepat restart komputer


     Ada beberapa alasan kita untuk merestart komputer, pada dasarnya untuk menerapkan beberapa setingan yang pada dasarnya membutuhkan proses restrat seperti proses update dan penginstalan software baru,dan juga beberapa hal lainnya seperti komputer macet.
     Proses restart ini membutuhkan proses yang sangat lama karena melakukan dua proses secara berurutan yaitu shutting down dan starting windowsnya yang membutuhkan waktu sampai bermenit-menit. Namun ada sebuah cara alternatif untuk merestart komputer hanya dalam hitungan detik, cara ini sudah saya coba dan berhasil serta efek restartnya juga bekerja, cara ini saya tes di windows 7, mungkin juga bisa diterapkan di versi windows lainnya, berikut cara singkatnya

   1. Buka task manager, jalan paling cepat dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc
   2. Pada tab Processes cari "explorer.exe" lalu kill prosesnya dengan mengklik "End Process"

   3. Jika sudah maka taskbar akan menghilang dan komputer tidak bisa bekerja, tapi task manager masih bisa, untuk mengembalikannya, klik "file" lalu pilih "New Task", pada kotak open ketikan "explorer.exe" tanpa tanda petik lalu enter atau klik OK.


   4. jika sudah selesai maka komputer akan terestart, jika soundnya aktif maka akan terdengan bunyi seperti menghidupkan komputer seperti biasa.
 

     Kelemahan metode ini yaitu tidak dapat menerapkan efek-efek yang dilakukan pada restart biasa, seperti      penerapan update dan registri defrag, karena proses tersebut dilakukan pada saat booting komputer, sedangkan cara diatas melangkahi proses tersebut.
     Sekian artikel singkat ini, semoga bisa membantu.

No comments:

Post a Comment